Sepakbola sebagai Satpam Bangsa

Irfan Bachdim membawa bola dan GOLLLLL!!!!

Suatu peradaban dapat dilihat dari bagaimana watak manusia dan bagaimana manusia tersebut berkarya didalam peradaban itu. Suatu peradaban menjadi besar bukan karena usia biologis seseorang saja, melainkan dibangun oleh usia peradaban yang luar biasa panajng.

Bangsa sebagai entitas peradaban merupakan satuan normatif peradaban bumi saat ini. Masa depan suatu bangsa bisa menjadi masa depan dari peradaban itu sendiri.

Suatu mahakarya peradaban saat ini adalah sepakbola. Suatu suku lokal Paraguay ,Guarani, memainkan sepak bola jauh sebelum Inggris mengklaim bahwa mereka menciptakan sepak bola. Pada 1863, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dibentuk kemudian membuat peraturan baku sepak bola yang akhirnya menjadi cikal-bakal sepak bola modern saat ini.

Sepakbola menjadi wujud martabat peradaban suatu bangsa. Sepakbola menjadi salahsatu simbol perperangan fisik yang terjadi di dunia modern ini. Baik buruknya martabat suatu bangsa dapat dilihat secara tidak langsung dari eksistensinya di sepakbola.

Entah sampai kapan peradaban sepakbola ini akan bertahan, namun popularitasnya telah bertahan lebih dari 3 abad manusia. Sepakbola sedikit banyak memilki peran penting dalam pertahanan dan keamanan suatu bangsa, bahkan dunia.

Daya tarik dan daya tawar sepakbola akan mampu merekayasa banyak isu ekonomi dan sosial. Pemerintah Indonesia mengucurkan APBN sebesar Rp 20 Miliar setiap tahun kepada PSSI untuk penyelenggaraan sepakbola di tanah air. Alokasi anggaran ini menjadi yang terbesar disamping dengan bulu tangkis.

Jika daya stabilitas sepakbola Indonesia terganggu maka akan mampu memicu banyak gangguan sosial, bahkan ekonomi. Kita pun sering melihat bahwa sepakbola terkadang dikooptasi oleh kepentingan politik dari berbagai pihak baik di level nasional, maupun daerah.

Sebagai negara yang memilki stabilitas politik terjamin, Inggris pun selalu memilki 2 mata pedang dari eksistensi sepakbola di negaranya. Sepakbola selalu mampu mendatangkan uang yang besar akibat perputaran ekonomi olahraga yang terjadi. Baik yang berasal dari industri apparel, wisata hingga judi. Namun di satu sisi Inggris pun memilki pengalaman buruk akibat terganggunya stabilitas nasional sebagai aksi kekecewaan para hooligan.

Konsepsi pertanahan dan keamanan sebagai konsepsi berlevel semesta rakyat tidak hanya dipandang dari sisi militer saja. Isu terkait olahraga seperti sepakbola ternyata mampu mempengaruhi kualitas hankam di Indonesia.

Negeri ini telah memilki banyak pengalaman gangguan hankam akibat kisruh distribusi tiket piala AFF yang terjadi di Jakarta, Desember 2010. Peristiwa tersebut sedikit banyak telah menganggu kemanan disekitar kawan bisnis senayan. Kisruh elit politik olahraga dalam dagelan perlawanan antara Liga Super Indonesia dengan Liga Primer Indonesia juga telah memicu letupan konflik di berbagai elit dan alit. Tidak hanya terjadi pada insan olahraga, tetapi juga pada insan politik yang tentunya selalu memilki massa berupa supporter yang dapat direkayasa.

oleh Achmad Faris Saffan Sunarya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s